Senin, 14 Januari 2013 - 22:54:04 WIB
Ada Apa Dengan " INDOSAT "
Diposting oleh : indomediatv
Kategori: news - Dibaca: 468 kali

ITV NEWS - ada fenomena yang berbeda saat melintas di bilangan kuningan pagi hari senin tanggal 14 Januari 2013, Tampak keramaian orang  berorasi dan membentangkan berbagai atribut sebuah perusahaan yang berasal dari salah satu brand komunikasi ternama di Indonesia yakni " INDOSAT " apa pasal yang terjadi? setelah kami mengkonfirmasi kepada para pendemo bahwa hal ini terkait tentang pengajuan gugatan terhadap Badan Pemeriksa Keuangan Dan Pengawasan yang diajukan oleh Ir. Indar Atmanto  mantan direktur utama PT. INDOSAT MEGA MEDIA (IM2 ).
 
Hal tersebut berawal dari adanya pelaporan kepada pihak kejaksaan agung yang menyatakan bahwa adanya praktik tindak pidana korupsi yang terjadi di tubuh INDOSAT dan IM2,dimana IM2 telah menyalahgunakan penggunaan jaringan 3G yang dimiliki oleh INDOSAT hingga akhirnya mengakibatkan kerugian pada keuangan negara, dan hal ini pulalah yang nantinya akan menyeret mantan Dirut IM2 kemeja hijau dan akan terancan hukuman 20 tahun penjara

Dari pernyataan tersebut tampaknya terjadi hal yang sangat kontradiktif dimana INDOSAT dan IM2 yang juga mendapat dukungan dari Menkominfo dan juga Badan Regulasi Telekomunikasi Indonesia ( BRTI ) dalam hal ini berupa sebuah surat keputusan menteri yang menyatakan bahwa " IM2 tidak melanggar Undang-Undang No.36 tahun 1999 tentang telekomunikasi ".
 
Lebih jelas dikatakan bahwa, terkait dengan kasus ini Menteri Komunikasi Dan Informatika, selaku regulator telekomunikasi telah menyatakan bahwa kerjasama antara INDOSAT selaku penyelenggara jaringan frekuensi 2.1 GHz, dan IM2 selaku penyedia jasa telekomunikasi tidak melanggar ketentuan hukum yang berlaku,atau dengan kata lain tidak ada indikasi penyelewengan disana seperti apa yang dituduhkan, hal ini lah yang memberikan kesan bahwa tuntutan yang berjalan seperti dipaksakan dan mungkin ada intrik-intrik didalamnya.

Denny AK yang merupakan pelapor dari tuduhan tindak pidana korupsi yang dilakukan oleh IM2 tentang penyalahgunaan frekuensi radio 2.1 GHz yang dimiliki oleh INDOSAT, dari laporan tersebut lah maka pihak kejaksaan agung melansir bahwa negara telah mengalami kerugian sebesar Rp 1,3 Triliun.Lalu mengapa sampai terjadi laporan tersebut sementara izin lalu tanggung jawab yang telah dibebankan oleh pemerintah dalam hal ini menkominfo yang telah diberikan oleh INDOSAT dan IM2 telah semuanya terpenuhi, kewajiban itu antara lain : biaya hak penggunaan frekuensi, biaya hak penyelenggaraan telekomunikasi, upfront fee spektrum serta kontribusi Universal Service Obligation ( USO ), sementara itu IM2 sebagai penyedia jasa layanan internet hanya menggunakan jaringan telekomunikasi INDOSAT ( bukan menggunakan bersama spektrum frekuensi ) dan hal ini sudah sesuai dengan ketentuan UU Telekomunikasi.Sebagaimana diketahui bahwa menurut pasal 1 butir 6 UU 36/1999 pengertian jaringan telekomunikasi adalah rangkaian sekelompok alat perlengkapan yang digunakan dalam bertelekomunikasi yang memungkinkan bertelekomunikasi dan kelengkapannya, dan hal inipun diperjelas dengan adanya Pasal 1 butir 13 UU 36/1999, dimana sebagai penyelenggara jaringan, INDOSAT telah mendapatkan izin penyelenggaraan jaringan bergerak seluler, dimana definisi dari penyelenggara jaringan bergerak seluler adalah penyelenggara jaringaN yang melayani telekomunikasi bergerak dengan teknologi seluler di permukaan bumi.

Rangkaian  peristiwa diataslah yang akhirnya membuat sekelompok massa yang tergabung dalam SERIKAT PEKERJA INDOSAT dan SERIKAT PEKERJA IM2 sampai turun ke jalan dan dengan dengan lantang mereka menyuarakan bahwa tuntutan dan dugaan yang selama ini timbul kepermukaan adalah sebuah rekayasa belaka, bahkan cenderung mengindikasikan adanya trik-trik politik , entah siapa yang bermain yang jelaas disinyalir bahwa adanya skenario yang sedang dijalankan dan juga dipaksakan yang bertujuan untuk mengkriminalkan industri telekomunikasi nasional dengan dalih tindak pidana korupsi, tegas YOAN HARDI selaku Presiden SERIKAT PEKERJA INDOSAT.

Dari demo yang dilakukan oleh SERIKAT PEKERJA INDOSAT dan SERIKAT PEKERJA IM2 telah dapat di simpulkan bahwa :
1. adanya himbauan kepada seluruh rakyat Indonesia,bahwa jika dunia telekomunikasi telah terganggu maka ini akan    memberikan dampak buruk pada kehidupan bangsa dan negara dari semua aspek.

2. menghimbau kepada pihak-pihak yang bersengketa agar menghentikan segala bentuk pemaksaan kehendak dan arogansi    masing-masing instansi demi kebaikan seluruh masyarakat Indonesia.

Dari keseluruhan aksi demonstrasi yang digelar sejak pagi hingga menjelang siang itu, semua berjalan dengan aman dan tertib, dan hampir
seluruh element yang turun untuk ikut serta dalam proses demonstrasi tersebut telah menyuarakan apa yang selama ini menjadi aspirasi terpendam mereka dengan satu harapan untuk kemajuan dunia telekomunikasi Indonesia.











1 Komentar :

cinta sejati
28 Juni 2014 - 22:47:11 WIB

saya ijin membaca beritanya gan...jadi penasaran nih
http://cinta009.blogspot.com/

<< First | < Prev | 1 | Next > | Last >>
Isi Komentar :
Nama :
Website :
Komentar
 
 (Masukkan 6 kode diatas)